Pages

Friday, July 26, 2013

Makalah Social Networking (Jejaring Sosial)


MAKALAH
SOCIAL NETWORKING (JEJARING SOSIAL)



Disusun untuk memenuhi tugas E-Commerce
DISUSUN OLEH :
1.             Octavia Endah Marsilla      1233040
2.             Arif Angga Prasetiyo          123
3.             Anif Binti Sholikhatun       123
4.             Roro Karina Dwi L.P         123
5.             Wieke Astrianti                   123
6.             Oktaviantika Vitanora I      123
DOSEN :
Iwan Noor Suhasto, SE
PROGRAM D-III KOMPUTERISASI AKUNTANSI
POLITEKNIK NEGERI MADIUN
2013

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami bisa menyusun dan menyajikan makalah yang berisi tentang Jejaring Sosial sebagai salah satu tugas mata kuliah E-Commerce. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Iwan selaku dosen mata kuliah E-Commerce yang telah memberikan bimbingannya kepada penulis dalam proses penyusunan makalah ini. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya.
            Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis
                                                                                               








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................................... 1
DAFTAR ISI ................................................................................................................. 2
BAB I      PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang........................................................................................ 3
1.2.   Rumusan Masalah................................................................................... 5
1.3.   Tujuan Penulisan..................................................................................... 5
1.4.   Manfaat Penulisan.................................................................................. 5
BAB II    LANDASAN TEORI
2.1.   Pengertian Jejaring Sosial........................................................................ 6
2.2.   Sejarah Jejaring Sosial............................................................................. 6
BAB III   ISI
3.1. Layanan dan Macam-macam Jejaring Sosial ........................................... 8
3.2. Manfaat Jejaring Sosial........................................................................... 18
3.3. Dampak Jejaring Sosial........................................................................... 24
BAB IV   PENUTUP
4.1. Kesimpulan.............................................................................................. 29
4.2. Saran........................................................................................................ 29
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 30


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari manusia tentunya tidak bisa lepas dari kegiatannya untuk bersosialisasi dengan orang lain dan untuk bersosialisasi itulah manusia memerlukan komunikasi sehingga akibatnya timbul interaksi dalam kehidupan manusia, maka ketika seseorang melakukan proses komunikasi dengan orang lain dibutuhkan kesamaan makna sehingga diharapkan agar proses komunikasi yang sedang terjadi dapat berlangsung efektif. Proses komunikasi terbagi menjadi dua tahap yakni proses komunikasi secara primer dan secara sekunder. Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media. Sedangkan proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama. (Onong, 2000:11&16) Media kedua yang dimaksud dalam proses komunikasi secara sekunder seperti surat, telepon, teks, surat kabar, radio, televisi, internet, dan lain-lain. Media tersebut digunakan karena letak komunikator dan komunikan berada di tempat yang relatif jauh dan tentunya agar proses komunikasi berjalan dengan lancar. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan informasi menyebabkan semakin meningkat pula perkembangan teknologi dalam hal pemenuhan kebutuhan akan informasi. Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi serta komunikasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu, sebagai contoh kini orang dapat dengan mudah memperoleh baerbagai macam informasi yang terjadi di belahan dunia tanpa harus datang ke tempat tersebut. Bahkan orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai tempat di dunia ini, hanya dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang tersambung ke internet. Internet (interconnection networking) merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Seperti yang diketahui internet merupakan bentuk kovergensi dari beberapa teknologi penting terdahulu, seperti komputer, televisi, radio dan telepon. (Bungin, 2006:135) Dengan internet, kendala ruang atau jarak dalam berkomunikasi telah banyak diatasi. Sebelumnya dengan fasilitas yang telah ada, orang sudah bisa mengatasi jarak. Seperti telepon merupakan faslitas yang memungkinkan orang berkomunikasi kemana saja di dunia ini. Akan tetapi kenyataan bahwa pulsa interlokal atau internasional sangat mahal akhirnya menjadikan fasilitas tersebut tidak optimal digunakan. Dengan adanya internet, manusia dihadapkan pada sebuah kemungkinan bahwa komunikasi bisa dilakukan kemana saja dengan biaya murah. Kehadiran internet telah membawa revolusi pada cara manusia melakukan komunikasi. Penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi sebagai sarana komunikasi memungkinkan setiap orang berkomunikasi dengan pihak lain yang terhubung dengan internet walaupun lokasi tempat tinggal mereka berjauhan. Menurut Houngton, Perkembangan internet terus berlangusng hingga kini. Di seluruh dunia jumlah pemakai internet tercatat sekitar 3 juta orang pada tahun 1994. Di tahun 1996 tercatat lonjakan drastis, jumlah pemakai internet hingga sebanyak 60 juta pengguna, pada tahun 1998 angka ini meningkat tajam hingga mencapai 100 juta pengguna dan untuk tahun 2005 diprediksi jumlah pengguna internet bakal mencapai 1 milyar pengguna (Tjiptono, 2001:3). Begitu besarnya pengguna internet di dunia sehingga semakin banyak pula bermunculan situs-situs baru yang dapat di akses oleh para pengguna internet dan mereka berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pengguna yang sebanyak-banyaknya untuk mengakses internet. Sebagai contohnya, di era komunikasi global seperti sekarang ini banyak sekali bermunculan situs-situs social networking yang cukup menarik perhatian. Social networking adalah sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Layanan social network biasanya berbasis web, yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.. Contoh situs social networking antara lain Facebook, Twitter, My Space dan Youtube.

1.2.  Perumusan Masalah
1.    Apa layanan dan macam-macam jejaring sosial itu?
2.    Bagaimana masyarakat memanfaatkan jejaring sosial (social networking) dalam ruang lingkupnya?
3.    Apa dampak positif dan negatif dari jejaring sosial (social networking)?

1.3.  Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui perkembangan masyarakat dalam menggunakan situs Jejaring Sosial (Social Networking) di internet.

1.4.  Manfaat Penulisan
Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan pembaca mengenai dampak negatif dari situs jejaring social pada pertumbuhandan perkembangan remaja Indonesia.









BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
 Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

2.2. Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
 Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
 Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
























BAB III
PEMBAHASAN

3.1.  Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:

a)        Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu.

Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.

Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!


b)        Twitter
Setelah kita mengenal Friendster, Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.
Ide pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa yang teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani pertanyaan tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you doing?”. Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas antarmuka (dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka tersebut tampil di website/blog penggunanya.
Jika layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan balasan/respon dari pembacanya.
Contoh untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui berita tersebut dan respon akan tercipta.
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saat ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.
Bali Orange juga menggunakan Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real time baik itu kepada pelanggannya maupun kepada pengunjung website. Status informasi terkini kami tampilkan di website maupun blog ini.

c)         Friendster
Friendster adalah sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dsb ).

Untuk bisa menjadi anggota di Friendster tersebut. Terlebih dahulu kita harus punya E-mail. Jadi, nah kalo misalkan kita tidak memiliki E-mail, berarti kita harus mendaftar. Tapi jika sudah memiliki E-mail, berarti kita tinggal mendaftar secara langsung tanpa harus memikirkan lagi E-mail apa yang harus dimasukkan. Nah, agar kita bisa masuk ke dalam situs Friendster tadi, maka mulailah kita mendaftar. Dan cara-caranya adalah sebagai berikut :
 1. Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox
 2. Ketik Situs yang diingini, contoh (www.friendster.com)
 3. Cari kalimat ==>> Sign Up

Sign Up artinya kita masuk untuk mendaftar di friendster.
 4.  Setelah klik Sign Up, maka akan muncul tempat pendaftaran tersebut.
 5. Isilah pendaftaran tersebut dengan lengkap. Turuti perintah didalam pendaftaran tersebut.
 6. Kemudian klick Register.
 7. Setelah Register yang telah di klick tadi ada muncul Verify Email Address.
 8. Nah, dengan munculnya kalimat tersebut, lalu kita klick Home.

Home artinya kita masuk untuk melihat apakah kita sudah sukses terdaftar. Berarti untuk mendaftar kita udah selesai.
Kita tentu tak asing lagi dengan kata Friendster. Nama tersebut telah lama melekat di benak pengguna internet, khususnya mereka yang gemar mencari teman dan membangun jaringan pertemanan di dunia maya. Demikian populernya, hingga mendorong berbagai content provider untuk menghadirkan situs layanan serupa. Jadi, jangan heran kalau saat ini Friendster sudah punya banyak “teman.” Jangan ngaku anak gaul kalau nggak punya account di Friendster.” Begitulah kira-kira komentar para remaja yang telah menjadi anggota Friendster.
Mungkin masih banyak komentar lain -dengan gaya bahasa yang lain lagi- yang intinya sama; ada yang kurang kalau belum jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda mungkin tidak setuju, namun mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru bagi pengguna internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah e-mail, mailing list, dan instant messenger. Sebagai salah satu situs pertemanan, Friendster paling banyak diminati di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat, kawula mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace. Mari kita telaah layanan-layanan tersebut satu-persatu. Kita mulai dari yang paling akrab dengan kita, Frienster.
Sistem kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster ini, selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya account dengan lebih obyektif. Ngomong-ngomong, siapa sih orang di balik kesuksesan Friendster? Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University.
Ketika perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.

d)        Google+
Google+ adalah sebuah jejaring sosial yang diluncurkan oleh sang raksasa internet Google. Untuk fitur dan layanan Google+ hampir sama dengan jejaring sosial yang sekarang mendominasi pertemanan di dunia maya yaitu facebook. Google+ dikembangkan dalam suatu kerja proyek yang dinamai “Emerald Sea”, proyek rahasia ini sendiri memakan waktu satu tahun lebih dan dipimpin oleh Google Senior VP of Social, Vic Gundotra dan Google VP Product of Google Apps, Bradley Horowitz serta diperkirakan menelan biaya sekitar 585 juta dollar. Saat ini Google plus telah beranggotakan hampir 20 juta pengguna di minggu kedua setelah peluncurannya. Dengan anggota yang begitu banyak, admin google plus membatasi jumlah anggota google plus dengan hanya menggunakan sistem invite untuk setiap pendaftarannya.
Banyak rumor yang mengatakan, bahwa tujuan dari google plus ini adalah untuk menyaingi facebook sebagai jejaring sosial nomor 1 didunia saat ini. Namun, semoga saja ini hanya isu belaka yang ingin mengadu dombakan keduanya. Namun kabar yang beredar beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa Facebook telah bekerja sama dengan Skype meluncurkan fitur video chat sehingga 750 juta penggunanya di seluruh dunia dapat melakukan video chat baik itu one-to-one maupun berkelompok. Fitur ini ditengarai merupakan "jawaban" Facebook atas fitur Hangouts di Google Plus.
Google+ (Google Plus) juga telah melakukan pemanasan dengan cara menebar +1 button beberapa bulan yang lalu di setiap hasil pencarian search engine dimana pengguna pada saat melakukan pencarian dalam keadaan login di gmail baru fitur ini dapat terlihat. Untuk anggota Google+ sementara waktu ini masih dibatasi lewat invitation saja. Jika sebelumnya google juga pernah melempar produk baru seperti Google Wave dan Google Buzz tetapi kurang banyak peminatnya, Dengan kehadiran Google Plus apakah dapat mendulang kesuksesan nantinya?
Apa Saja Fitur dari Google Plus? Menurut saya banyak sekali fitur-fitur yang google plus punya, fiturnya semua keren-keren.
Berikut fitur-fiturnya :
1. Automatic Circles
Kelebihan fitur ini dari pada yang lain adalah dapat mengelompokkan secara langsung teman-teman, kenalan, keluarga, dan lain-lain dalam satu lingkaran. Selain itu, sewaktu anda ingin membuat status, anda dapat mengelompokkan untuk status tersebut siapa saja yang dapat melihat status anda tersebut, bisa kenalan ataupun yang lainnya.
2. Huddle
Huddle adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles. Anda dapat chat dengan teman di dalam lingkaran anda secara mudah dan nyaman. Fitur ini tidak ada difacebook.
3. Hangouts
Fitur ini menggunakan teknologi video sosial media yang baru. Dalam urusan obrolan chat, google plus lebih unggul dari facebook. Dengan fitur ini anda dapat chat dengan obrolan di circles anda (maximal 10 orang) secara live/langsung.
4. Sparks
Fitur keren ini tidak dimiliki oleh jejaring sosial manapun termasuk facebook. Sparks adalah fitur seperti mesin pencari untuk memberikan penggunanya informasi yang instan dan akurat. Dengan fitur ini, anda tidak perlu keluar dari jejaring sosial google plus lagi, karena di dalamnya sudah terdapat mesin pencari yang dapat anda gunakan setiap saat untuk dibagi ataupun disimpan sendiri.
5. Instan Upload
Fitur ini adalah fitur upload foto yang dapat dikreasikan dengan menambahkan komentar lucu pada foto. Ini merupakan fitur yang tepat untuk membuat orang meringis saat melihat foto Anda.
6. Google Plus Mobile
Banyak yang bertanya-tanya kepada saya bagaimana dengan google plus mobile . Sebenarnya sangat mudah, andahanya perlu menuju ke google plus seluler saja untuk browsing ke google plus dengan versi mobile.
Dengan adanya Google+ berati tambah lagi Google yang telah diluncurkan oleh raksasa internet Google

e)         BBM
BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BBM merupakan layanan pesan instan yang tidak jauh berbeda dengan layanan pesan instan lainnya seperti Yahoo! Messenger, MSN, Google Talk, dll. Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk gaya-gayaan. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia. Hanya saja, BBM hanya diperuntukan bagi sesama pengguna ponsel BlackBerry
Dan menurut saya, demamnya BB juga sedikit banyak disebabkan karena menjamurnya jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Dengan koneksi internet yang siaga 24 jam, pasti update status dan berkomunikasi via internet jadi jauh lebih mudah. Apalagi dengan adanya pandangan masyarakat yang memandang kalau "hanya bisa update status" dari gadget tertentu. orang-orang macam ini yang kadang membuat saya berpikir, apakah mereka memang perlu fasilitas“push e-mail” yang merupakan faktor keunggulan dari BB? Sementara sampai saat ini, kebanyakan memang bukan karena kebutuhan, tapi hanya karena gaya hidup atau tuntutan pekerjaan. Yang sebenarnya mereka tidak tahu apa keunggullan dari BB itu sendiri. Rajin banget dan secara teratur mengupdate status BBnya atau dari akun jejaring sosialnya. Bahkan sepertinya mereka memiliki komunitas tersendiri. 
Disini, didesa setengah kota BBM jauh lebih murah daripada SMS. Hal inilah yang membuat demam Blackberry di tempat kerja saya. Berikut beberapa alasan yang saya alami mengapa orang-orang di tempat kerja saya  berpindah ke Blackberry:
1.Karena BBM lebih murah dan cepat dari SMS. Selain itu BBM dapat mengirim pula gambar-gambar dan foto-foto dengan cepat.
2.Karena punya BBM diwajibkan bagi orang-orang yang “dianggap penting”. Padahal orang-orang yang “dianggap penting” itu belum tentu tahu apa fungsi sebenarnya dari BBM
3.Karena rekan – rekan kerja yang lain sudah menggunakan Blackberry (Mungkin dimaksudkan agar mereka dapat saling kirim-kiriman foto, atau lebih sering berkomunikasi dengan murah)
4.Karena pengguna Blackberry tidak lagi menggunakan fasilitas SMS, maka rekan kerja yang tidak menggunakan Blackberry mengalami kesulitan untuk menghubungi para pengguna Blackberry. Maka merekapun ikut berpindah ke Blackberry demi bisa tetap berkomunikasi. Fenomenanya, dulu orang yang katanya tidak butuh hp (handphone) sekarang punya BB jadi tidak bisa lepaskan BBnya. Orang itu akan rela balik arah walau pun sudah jauh dari rumah hanya sekedar mangambil BB, padahal dulu HPnya sering mati. Ada lagi, yang dulu bilangnya anti Facebook, sekarang jadi yang paling sering update status dan membalas atau pun sekedar LIKE status teman facebook.

3.2.Manfaat Jejaring Sosial
Tidak selamanya jejaring sosial itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat positif kok jika kita menilai dan memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa manfaat positif Jejaring Sosial.

1.    Mempelopori Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter Mempermudah Revolusi dan Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik dalam menyampaikan pendapat.

2.    Menjadikan Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu memiliki tingkat kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena mereka itu sering mengupload foto-foto yang bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

3.    Mempermudah Komunikasi
Yang namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi. Tapi berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.



4.    Mempermudah Menyampaikan Informasi
Kemungkinan Masa Depan itu adalah Masa yang serba Online dan serba internet. Maka dari itu untuk mempermudah menyampaikan informasi itu ya harus menyampaikannya dari jejaring sosial, karena jejaring sosial itu memiliki trafik kunjungan yang besar.

5.    Bisa Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan uang. Misalnya, anda memiliki Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus menguangkan Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt akan membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.

6.    Bisa Mempelajari Bahasa Asing
Yang namanya Jejaring Sosial itu umumnya bersifat internasional dan Bahasa Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jejaring sosial itu kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa asing.

7.  Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya kita itu memiliki  hak dan kewajiban untuk menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan dan berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab. Misalnya, kita membagikan link di akun twitter kita. Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan / hal yang bermanfaat.

8.  Menyelamatkan Kita dari Aksi Kriminal
Ada sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang selamat dari aksi maling. Pada saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan menahan salah satu anggota keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang berbunyi “HELPPP!.” Dan banyak temanya yang menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya dia menyakinkan temanya bahwa itu serius. Lalu salah satu temannya menelepon 911 dan polisi langsung ke TKP dan khirnya malin tersebut tertangkap karena maling tersebut belum sempat kabur

9.  Social network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan.
     Jika kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan kegiatan-kegiatan
positif  maka penggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya yaitu  dapat mempercepat atau membantu proses belajar- mengajar dengan cara forum diskusi formal dengan tutor.

10  Tips untuk menggunakan jaringan sosial
Situs web jaringan sosial seperti MySpace, Facebook, dan windows Live Spaces layanan masyarakat yang dapat digunakan untuk terhubung dengan orang lain untuk berbagi informasi seperti foto, video, dan pesan pribadi.
Sebagai popularitas situs sosial ini tumbuh, demikian juga dengan resiko mereka. Hacker, spammer, penulis virus, pencuri identitas dan tindakan criminal lainnya.
Tips-tips untuk membantu melindungi diri sendiri ketika anda menggunakan jaringan sosial :
1.      Gunakan hati-hati bila anda klik link yang anda, terima dalam pesan dari teman-teman. Anda di situs web sosial. Memperlakukan link dalam pesan di situs tersebut seperti yang ditampilkan adalam email.
2.      Jangan percaya bahwa psan-pesan itu benar dari yang mengatakan itu. Dari hacker dapat masuk ke account dan mengirim pesan yang terlihat dari teman-teman anda. Jika anda menduga bahwa pesan yang palsu, menggunakan metode alternatif untuk menghubungi teman anda untuk cari tahu. Ini termasuk undangan untuk bergabung dengan jaringan sosial baru.
3.      Untuk menghindari diri memberikan alamat email dari teman-teman anda, tidak membolehkan layanan jaringan sosial untuk memindai email anda buku alamat. Bila anda bergabung dengan jaringan sosial, anda mungkin menerima tawaran anda untuk memasukkan email dan passwordnya untuk mengetahui siapa lagi yang ada dijaringan. Situs ini dapat menggunakan informasi ini untuk mengirim email ke setiap orang dalam daftar kontak anda atau bahkan semua aorang yang anda pernah menerima pesan email ke dengan alamat email. Situs jaringan sosial harus menjelaskan bahwa mereka sedang melakukan ha ini terjadi, tapi beberapa tidak.
4.      Ketik alamat situs jaringan sosial anda langsung ke dalam browser atau menggunakan penanda probadi. Jika anda klik link ke situs anda melalui email atau situs web lain. Anda mungkin akan memasukkan nama account dan password ke situs palsu dimana informasi pribadi anda dapat dicuri.
5.      Selektif tentang siapa yang akan anda terima sebagai teman di jaringan sosial. Pencuri identitas palsu mungkin membuat profit untuk mendapatkan informasi dari anda. Hal ini dikenal sebagai social engineering.
6.      Pilih jaringan sosial dengan hati-hati. Mengevaluasi situs yang anda berencana untuk menggunakan dan pastikan anda memahami kebijakan provasi. Mengetahui apakah situs memonitor konten yang dikirim orang. Anda akan memberikan informasi pribadi ke situs web ini, sehingga menggunakan kriteria yang sama yang akan anda untuk memilih situs dimana anda memasukkan kartu kredit.
7.      menganggap apa yang anda tulis disitus jaringan sosial adalah permanen. Bahkan jika anda dapat menghapus account, siapapun di internet dengan mudah dapat mencetak informasi atau menyimpannya ke komputer.
8.      hati-hati tentang menginstal tambahan pada situs anda. Banyak situs jaringan sosial memungkinkan anda untuk mendownload aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan anda berbuat lebih banyak dengan halaman pribadi anda. Kriminal terkadang menggunakan aplikasi ini untuk mencuri informasi pribadi anda. Untuk mendownload dan menggunakan aplikasi pihak ketiga aman, ambil tindakan yang sama keselamatannya yang anda lakukan dengan program lain atau file yang anda download dari web. Untuk informasi lebih lanjut, lihat sebelum anda mendownload file, membantu melindungi komputer anda.
9.      Berpikir dua kali sebelum anda menggunakjan situs jaringan sosial di tempat kerja. Untuk informasi ebih lanjut, lihat hati-hati dengan situs jaringan sosial, terutama ditempat kerja.
10.  Berbicara dengan anak-anak tentang jaringan sosial. Jika anda adalah orang tua dari anak-anak yang menggunakan situs jaringan sosial, lihat bagaimana anak-anak untuk membantu anda menngunakan situs web sosial lebih lama.

Tanggapan Pribadi Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Ruang Lingkup Public Relations adalah:
*        Dalam Bidang Perindustrian & Perdagangan
Dengan memahami dan memanfaatkan perkembangan e-pr perindustrian & perdegangan akan mengalami kemajuan, terutama dalam promosi dan menaikkan citra perusahaan dan barang yang dihasilkan. Cepatnya penyampaian informasi kepada publik merupakan langkah positive dalam masalah waktu dan penyelesaian masalah. Kecepatan informasi ini dapat membendung masalah yang mungkin akan menghadang sehingga tidak sampai menjadi sebuah krisis. Data atau informasi yang disampaikan juga lebih detail dan jelas karena dapat dilengkapi dengan berbagai gambar dan video yang dapat menjelaskan. Perluasan pangsa pasar juga dapat diperoleh dengan adanya e-pr karena jangkaunnya seluruh jagad raya. Kejelasan informasi yang disampaikan oleh pelaku pr melalui media e-pr menjadikan industri dan perdagangan dapat berjalan dengan lancar.


*        Dalam Bidang Pendidikan
Perkembangan teknologi komunikasi mengalami dampak pada dunia pendidikan. Meski e-pr tidak secara langsung mempengaruhi dunia pendidikan akan tetapi e-pr mendorong dunia pendidikan mengenal dunia internet. Untuk saat ini tidak ada program pendidikan umum yang menjadikan internet sebagai mata pelajaran. Beberapa sekolah kejuruan, perguruan tinggi mengajarkan setiap setiap siswa dan mahasiswanyanya untuk mendalami pemakainan internet yang berhubungan dengan e-pr. Hal ini menjadi modal dasar bagi para pelajar setelah mereka lulus dalam praktek di dunia kerja.
*        Dalam Bidang Politik
Public relation diperlukan oleh setiap bidang, bahkan setiap insan menjadi PR untuk dirinya sendiri, demikian juga halnya Politik. Tanpa jasa public relations niscaya sebuah partai politik dapat berdiri. e-pr sangat diperlukan terutama pada saat pemilu, ketika partai mengalami mesalah, pada kegiatan sehari-hari partai politik dan lain sebagainya. Sebagai bukti nyata adalah Barak Obama, ia terpilih menjadi presiden Amerika Serikat karena promosinya pada jejaring sosial facebook. Hal tersebut adalah bagian kesuksesan dari humas atau publik relations Obama yang menggunakan fasilitas internet untuk memdapatkan perhatian dari masyarakat.
Politik adalah bidang yang membutuhkan perhatian dari publik, maka penggunaan e-pr sangatlah dibutuhkan . Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi melalui e-pr maka tujuan dari sebuah partai politik dapat dicapai lebih mudah.
*        Dalam Bidang Ekonomi
Pertumbahan perekonomian yang positif dalam sebuah perusahaan merupakan cita-cita dalam setiap perusahaan. Seluruh devisi perusahaan memiliki kontribusi masing-masing untuk menaikkan ekonomi perusahaan. Secara tidak langsung public relations juga memiliki potensi tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi maka pelaku pr dapat melaksanakan kegiatannya dengan tepat dan cepat. Informasi yang disampaikan oleh pr melalui media e-pr dengan mudah dapat mengena dan merobah opini masyarakat untuk setuju dan simpati dengan perusahaan dan produk yang dihasilkan perusahaan, hal ini secara tidak langsung mempengaruhi jumlah pembelian, jumlah pembelian yang meningkat ini menjadi faktor meningkatnya ekonomi suatu perusahaan.
*        Dalam Bidang Sosial
Perkembangan teknologi komunikasi dalam ruang lingkup public relations juga berpengaruh pada bidang sosial. Public relations juga bertujuan untuk menyelenggarakan event. Event kebanyakan bertujuan untuk sosial. Dengan e-pr para pelaku pr dapat menjalankan kegiatan sosialnya dengan baik. Misalnya dalam iklan layanan masyarakat, kegiatan sosial yang menggunakan teknik yang canggih, dan penyebaran informasi yang bertujuan untuk kegiatan sosial tersebut dapat lebih mudah.

3.3. Dampak Negatif Jejaring Sosial
 Teknologi merupakan hal mubah (boleh) yang hukumnya akan menjadi halal jika dipergunakan untuk hal-hal positif dan bermanfaat namun bisa pula menjadi haram ketika teknologi tersebut dipergunakan sebagai media dalam melakukan tindakan yang melanggar aturan Islam. Maka dari itu bagi para orang tua, guru dan para pendidik generasi menjadi sangat urgen dalam memberikan pendidikan terhadap efek negatif internet terutama situs jejaring sosial yang sedang membius jutaan bahkan milyaran umat manusia. Jangan sampai generasi yang akan menjadi generasi penerus khilafah di muka bumi ini justru menjadi generasi yang merugi karena keengganan kita dalam mendidik mereka dan memberikan pemahaman tentang efek negatif jejering sosial sehingga mereka terperosok dan menjadi korban kejahatan dunia maya. Berikut dibawah ini beberapa ulasan singkat tentang efek negatif jejaring sosial terutama situs Facebook dan Twitter bagi anak dan remaja.
1.    Malas
Ini efek negatif yang paling sering ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya anak. Mereka menjadi malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik dengan teman barunya di jejaring sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan oleh anak.


2.    Egois
Situs jejaring sosial akan membuat anak lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi tidak sadar dan peduli dengan lingkungan sekitarnya karena waktu mereka dihabiskan didepan internet. Hingga pada akhirnya mengakibatkan anak kurang bahkan tidak berempati dengan lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya. Kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh kesenangannya terhadap teman-temannya di situs jejaring sosial.

3.    Merusak Tata Bahasa
Situs jejaring sosial tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi anak dalam melakukan interaksi dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata bahasa baku untuk digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka berkomunikasi semau mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli dengan tata bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti membunuh kemampuan komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya dalam berinteraksi didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis mereka yang sesuai dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.

4.    Makanan Predator
Situs jejaring sosial ibarat lahan subur bagi para predator internet dalam melakukan kejahatan. Kita tidak pernah tahu apakah teman yang mereka temukan adalah benar-benar orang yang berniat baik untuk berteman, dan kita pun tidak pernah tahu apakah teman tersebut memberikan identitas yang sesungguhnya seperti keadaannya didunia nyata. Ketika seorang anak mempercayai 100% temannya di situs jejaring sosial maka hal ini sangat mungkin membahayakan keadaan anak dari tindak kejahatan baik fisik maupun psikis.

Maka dari itu, bagi para guru, orang tua dan para pendidik generasi, efek negatif situs jejaring sosial haruslah disampaikan kepada anak. Ini berarti pula bahwa para guru, orang tua, dan pendidik haruslah tahu pula apa, siapa dan bagaiamana situs jejaring sosial yang sering dikunjungi anak-anaknya. Bentengilah generasi kita dengan ilmu pengetahuan dan ilmu Islam yang kaffah, agar mereka bisa membentengi diri sendiri disaat mereka terlepas dari pengawasan para orang tua dan gurunya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
  Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
  Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
  Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
 Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Dampak Positif Jejaring Sosial
1.       Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.
2.       Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
3.       Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
4.       Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
5.       Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
6.       Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
7.       Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
8.       Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
9.       Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.







BAB III
  PENUTUP

A.       Kesimpulan
Pada pokok pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari pembahasan makalah.
1.      Jejaring sosial adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda tempat, meskipun kita berada pada tempat yang berjark sangat jauh sekalipun.
2.      Jejaring sosial ada beberapa jenis dan keunggulannya masing-masing. Tinggal user ingin memilih yang mana. Yang lebih bermanfaat bagi user.
3.      Jejaring sosial ada dampak positif dan dampak negatifnya. Tergantung user bagaimana memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.

B.       Saran
Berbahaya atau tidaknya situs jejaring sosial itu tergantung pada bagaimana kita mewaspadai hal - hal yang tidak diinginkan itu agar tidak terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua lebih mengawasi anak - anaknya ketika mereka sudah mulai berjejaring lewat dunia maya, peran pemerintah dan lembaga pendidikan juga penting disini, yakni memberikan penyuluhan tentang bahaya berjejaring di dunia maya. Dengan begitu mereka secara perlahan akan mengerti dan bisa bertindak waspada ketika mereka sedang bermain atau berjejaring di dunia maya dan secara tidak langsung tindakan tersebut dapat mengurangi kasus - kasus yang ada akibat situs jejaring sosial.




DAFTAR PUSTAKA

Nawawi, Ridwan. 2008. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Jejaring Sosial Penjualan Berbasis Web.
Manfaat Social Network Yang Sebenarnya Write everything.htm
http://agvnk-0n3.blogspot.com/2012/06/google.html


2 comments:

  1. Very nice article, I enjoyed reading your post, very nice share, I want to twit this to my followers. Thanks!. smm reseller panel

    ReplyDelete