MAKALAH
SOCIAL NETWORKING (JEJARING SOSIAL)
Disusun
untuk memenuhi tugas E-Commerce
DISUSUN OLEH :
1.
Octavia Endah Marsilla 1233040
2.
Arif Angga Prasetiyo 123
3.
Anif Binti Sholikhatun 123
4.
Roro Karina Dwi L.P 123
5.
Wieke Astrianti 123
6.
Oktaviantika Vitanora I 123
DOSEN :
Iwan Noor Suhasto, SE
PROGRAM D-III
KOMPUTERISASI AKUNTANSI
POLITEKNIK
NEGERI MADIUN
2013
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat
rahmat dan hidayah-Nya, kami bisa menyusun dan menyajikan makalah yang berisi tentang Jejaring
Sosial sebagai salah satu tugas mata kuliah E-Commerce. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Iwan
selaku dosen mata kuliah E-Commerce yang telah memberikan bimbingannya kepada penulis dalam
proses penyusunan makalah ini. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada
berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang
membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam
menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya.
Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan
pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud
penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................................... 1
DAFTAR
ISI ................................................................................................................. 2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang........................................................................................ 3
1.2. Rumusan Masalah................................................................................... 5
1.3. Tujuan Penulisan..................................................................................... 5
1.4. Manfaat Penulisan.................................................................................. 5
BAB II LANDASAN
TEORI
2.1. Pengertian Jejaring Sosial........................................................................ 6
2.2. Sejarah Jejaring Sosial............................................................................. 6
BAB
III ISI
3.1. Layanan dan Macam-macam Jejaring
Sosial ........................................... 8
3.2. Manfaat
Jejaring Sosial........................................................................... 18
3.3. Dampak
Jejaring Sosial........................................................................... 24
BAB
IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan.............................................................................................. 29
4.2. Saran........................................................................................................ 29
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................................... 30
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari manusia tentunya
tidak bisa lepas dari kegiatannya untuk bersosialisasi dengan orang lain dan
untuk bersosialisasi itulah manusia memerlukan komunikasi sehingga akibatnya
timbul interaksi dalam kehidupan manusia, maka ketika seseorang melakukan
proses komunikasi dengan orang lain dibutuhkan kesamaan makna sehingga
diharapkan agar proses komunikasi yang sedang terjadi dapat berlangsung
efektif. Proses komunikasi terbagi menjadi dua
tahap yakni proses komunikasi secara primer dan secara sekunder. Proses
komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan
seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai
media. Sedangkan proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian
pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana
sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama. (Onong,
2000:11&16) Media kedua yang dimaksud dalam proses komunikasi secara
sekunder seperti surat, telepon, teks, surat kabar, radio, televisi, internet,
dan lain-lain. Media tersebut digunakan karena letak komunikator dan komunikan
berada di tempat yang relatif jauh dan tentunya agar proses komunikasi berjalan
dengan lancar. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan
informasi menyebabkan semakin meningkat pula perkembangan teknologi dalam hal
pemenuhan kebutuhan akan informasi. Dengan kemajuan di bidang teknologi
informasi serta komunikasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas,
jarak, ruang dan waktu, sebagai contoh kini orang dapat dengan mudah memperoleh
baerbagai macam informasi yang terjadi di belahan dunia tanpa harus datang ke
tempat tersebut. Bahkan orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai
tempat di dunia ini, hanya dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang
tersambung ke internet. Internet (interconnection networking) merupakan
jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan
komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau
berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Seperti yang diketahui
internet merupakan bentuk kovergensi dari beberapa teknologi penting
terdahulu, seperti komputer, televisi, radio dan telepon. (Bungin, 2006:135)
Dengan internet, kendala ruang atau jarak dalam berkomunikasi telah banyak
diatasi. Sebelumnya dengan fasilitas yang telah ada, orang sudah bisa mengatasi
jarak. Seperti telepon merupakan faslitas yang memungkinkan orang berkomunikasi
kemana saja di dunia ini. Akan tetapi kenyataan bahwa pulsa interlokal atau
internasional sangat mahal akhirnya menjadikan fasilitas tersebut tidak optimal
digunakan. Dengan adanya internet, manusia dihadapkan pada sebuah kemungkinan
bahwa komunikasi bisa dilakukan kemana saja dengan biaya murah. Kehadiran
internet telah membawa revolusi pada cara manusia melakukan komunikasi.
Penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi sebagai sarana komunikasi
memungkinkan setiap orang berkomunikasi dengan pihak lain yang terhubung dengan
internet walaupun lokasi tempat tinggal mereka berjauhan. Menurut Houngton,
Perkembangan internet terus berlangusng hingga kini. Di seluruh dunia jumlah
pemakai internet tercatat sekitar 3 juta orang pada tahun 1994. Di tahun 1996
tercatat lonjakan drastis, jumlah pemakai internet hingga sebanyak 60 juta
pengguna, pada tahun 1998 angka ini meningkat tajam hingga mencapai 100 juta
pengguna dan untuk tahun 2005 diprediksi jumlah pengguna internet bakal
mencapai 1 milyar pengguna (Tjiptono, 2001:3). Begitu besarnya pengguna
internet di dunia sehingga semakin banyak pula bermunculan situs-situs baru
yang dapat di akses oleh para pengguna internet dan mereka berlomba-lomba untuk
bisa mendapatkan pengguna yang sebanyak-banyaknya untuk mengakses internet.
Sebagai contohnya, di era komunikasi global seperti sekarang ini banyak sekali
bermunculan situs-situs social networking yang cukup menarik perhatian. Social
networking adalah sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai
komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada
bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Layanan social
network biasanya berbasis web, yang menyediakan kumpulan cara yang beragam
bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email,
video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain.
Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya.
Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna
lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan
grup untuk dapat saling sharing didalamnya.. Contoh situs social networking antara
lain Facebook, Twitter, My Space dan Youtube.
1.2.
Perumusan Masalah
1.
Apa layanan dan macam-macam jejaring sosial itu?
2. Bagaimana masyarakat memanfaatkan
jejaring sosial (social networking) dalam ruang lingkupnya?
3. Apa dampak positif dan negatif dari
jejaring sosial (social networking)?
1.3.
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan adalah untuk
mengetahui perkembangan masyarakat dalam menggunakan situs Jejaring Sosial
(Social Networking) di internet.
1.4. Manfaat Penulisan
Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan pembaca mengenai dampak negatif dari situs jejaring social pada pertumbuhandan perkembangan remaja Indonesia.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Pengertian Jejaring
Sosial
Jejaring
sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi)
yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,
ide, teman, keturunan, dll.
2.2. Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak
komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak
upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999
adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh
Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara
1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman
dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan
hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan
lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh
dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari
strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo!
360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV
(UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari
200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1. Layanan
Jejaring Sosial
Banyak
layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang
beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email,
video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya
jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna
dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya.
Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk
dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
a)
Facebook
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan
pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada
Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna
dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan
bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang
memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah,
perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku
yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi
universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.
Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna
terdaftar di situs ini.
Atau
dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark
zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna
dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil
lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan
berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi
yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan
berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via
halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar
sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account
facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat
facebook. Kita
tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal
lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan
langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang
belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email
dulu.
Sejarah
facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14
Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial
facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa
dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT,
Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk
dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan
berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya,
orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac,
.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial
ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka
pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah
pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti
friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook.
Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri
Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar
10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada
akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena
facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account
baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap
harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US
dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai
lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil
periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru
yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
b)
Twitter
Setelah
kita mengenal Friendster, Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya,
Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung
oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real
time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh
dunia.
Pengguna
Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa
melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter
lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi
tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter
dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang
memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang
pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.
Ide
pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa
yang teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani
pertanyaan tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you
doing?”. Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas
antarmuka (dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka
tersebut tampil di website/blog penggunanya.
Jika
layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna
yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi
kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan
keberadaan penggunanya. Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap
mendapatkan balasan/respon dari pembacanya.
Contoh
untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang
keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan
bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang
menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui berita tersebut dan respon akan
tercipta.
Untuk
urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau
posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan
konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam
sebuah kelompok.
Saat
ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu
pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack
Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha
Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep,
John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun
mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka
lakukan beberapa menit sekali.
Bali
Orange juga menggunakan Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real
time baik itu kepada pelanggannya maupun kepada pengunjung website. Status
informasi terkini kami tampilkan di website maupun blog ini.
c)
Friendster
Friendster
adalah sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs
itu berguna untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang
pernah bertemu atau tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile (
bioadata, fhoto, dsb ).
Untuk
bisa menjadi anggota di Friendster tersebut. Terlebih dahulu kita harus punya
E-mail. Jadi, nah kalo misalkan kita tidak memiliki E-mail, berarti kita harus
mendaftar. Tapi jika sudah memiliki E-mail, berarti kita tinggal mendaftar
secara langsung tanpa harus memikirkan lagi E-mail apa yang harus dimasukkan. Nah,
agar kita bisa masuk ke dalam situs Friendster tadi, maka mulailah kita
mendaftar. Dan cara-caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox
2. Ketik Situs yang diingini, contoh
(www.friendster.com)
3. Cari kalimat ==>> Sign Up
Sign
Up artinya kita masuk untuk mendaftar di friendster.
4. Setelah klik
Sign Up, maka akan muncul tempat pendaftaran tersebut.
5. Isilah pendaftaran tersebut dengan
lengkap. Turuti perintah didalam pendaftaran tersebut.
6. Kemudian klick Register.
7. Setelah Register yang telah di klick tadi
ada muncul Verify Email Address.
8. Nah, dengan munculnya kalimat tersebut,
lalu kita klick Home.
Home
artinya kita masuk untuk melihat apakah kita sudah sukses terdaftar. Berarti
untuk mendaftar kita udah selesai.
Kita
tentu tak asing lagi dengan kata Friendster. Nama tersebut telah lama melekat
di benak pengguna internet, khususnya mereka yang gemar mencari teman dan
membangun jaringan pertemanan di dunia maya. Demikian populernya, hingga
mendorong berbagai content provider untuk menghadirkan situs layanan serupa.
Jadi, jangan heran kalau saat ini Friendster sudah punya banyak “teman.” Jangan
ngaku anak gaul kalau nggak punya account di Friendster.” Begitulah kira-kira
komentar para remaja yang telah menjadi anggota Friendster.
Mungkin
masih banyak komentar lain -dengan gaya bahasa yang lain lagi- yang intinya
sama; ada yang kurang kalau belum jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda
mungkin tidak setuju, namun mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru
bagi pengguna internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah
e-mail, mailing list, dan instant messenger. Sebagai salah satu situs
pertemanan, Friendster paling banyak diminati di Indonesia. Sementara di Amerika
Serikat, kawula mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace. Mari kita
telaah layanan-layanan tersebut satu-persatu. Kita mulai dari yang paling akrab
dengan kita, Frienster.
Sistem
kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya
teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita
tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus
berkembang. Yang unik dari Friendster ini, selain diskripsi diri lewat
identitas dan foto, layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan
dapat menggambarkan si empunya account dengan lebih obyektif. Ngomong-ngomong,
siapa sih orang di balik kesuksesan Friendster? Friendster yang dikelola
perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon
Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang
sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO
HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan
internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer
Science dari McMaster University.
Ketika
perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya
mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004
Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan
President stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga
2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai
belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik
pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster
dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April
2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.
d)
Google+
Google+ adalah sebuah jejaring sosial yang diluncurkan oleh sang raksasa
internet Google.
Untuk fitur dan layanan Google+ hampir sama dengan jejaring sosial yang
sekarang mendominasi pertemanan di dunia maya yaitu facebook. Google+
dikembangkan dalam suatu kerja proyek yang dinamai “Emerald Sea”, proyek
rahasia ini sendiri memakan waktu satu tahun lebih dan dipimpin oleh Google Senior
VP of Social, Vic Gundotra dan Google VP Product of Google Apps, Bradley
Horowitz serta diperkirakan menelan biaya sekitar 585 juta dollar. Saat ini
Google plus telah beranggotakan hampir 20 juta pengguna di minggu kedua setelah
peluncurannya. Dengan anggota yang begitu banyak, admin google plus membatasi
jumlah anggota google plus dengan hanya menggunakan sistem invite untuk setiap
pendaftarannya.
Banyak rumor yang mengatakan, bahwa tujuan dari google plus ini adalah
untuk menyaingi facebook sebagai jejaring sosial nomor 1 didunia saat ini.
Namun, semoga saja ini hanya isu belaka yang ingin mengadu dombakan keduanya.
Namun kabar yang beredar beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa Facebook
telah bekerja sama dengan Skype meluncurkan fitur video chat sehingga 750 juta
penggunanya di seluruh dunia dapat melakukan video chat baik itu one-to-one
maupun berkelompok. Fitur ini ditengarai merupakan "jawaban" Facebook
atas fitur Hangouts di Google Plus.
Google+ (Google Plus) juga telah melakukan pemanasan dengan cara menebar
+1 button beberapa bulan yang lalu di setiap hasil pencarian search engine
dimana pengguna pada saat melakukan pencarian dalam keadaan login di gmail baru
fitur ini dapat terlihat. Untuk anggota Google+ sementara waktu ini masih
dibatasi lewat invitation saja. Jika sebelumnya google juga pernah melempar
produk baru seperti Google Wave dan Google Buzz tetapi kurang banyak
peminatnya, Dengan kehadiran Google Plus apakah dapat mendulang kesuksesan
nantinya?
Apa Saja
Fitur dari Google Plus? Menurut saya banyak sekali fitur-fitur yang google plus
punya, fiturnya semua keren-keren.
Berikut
fitur-fiturnya :
1.
Automatic Circles
Kelebihan
fitur ini dari pada yang lain adalah dapat mengelompokkan secara langsung
teman-teman, kenalan, keluarga, dan lain-lain dalam satu lingkaran. Selain itu,
sewaktu anda ingin membuat status, anda dapat mengelompokkan untuk status
tersebut siapa saja yang dapat melihat status anda tersebut, bisa kenalan
ataupun yang lainnya.
2. Huddle
Huddle adalah
fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk
berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles. Anda dapat chat dengan teman
di dalam lingkaran anda secara mudah dan nyaman. Fitur ini tidak ada
difacebook.
3.
Hangouts
Fitur ini
menggunakan teknologi video sosial media yang baru. Dalam urusan obrolan chat,
google plus lebih unggul dari facebook. Dengan fitur ini anda dapat chat dengan
obrolan di circles anda (maximal 10 orang) secara live/langsung.
4. Sparks
Fitur keren
ini tidak dimiliki oleh jejaring sosial manapun termasuk facebook. Sparks
adalah fitur seperti mesin pencari untuk memberikan penggunanya informasi yang
instan dan akurat. Dengan fitur ini, anda tidak perlu keluar dari jejaring
sosial google plus lagi, karena di dalamnya sudah terdapat mesin pencari yang
dapat anda gunakan setiap saat untuk dibagi ataupun disimpan sendiri.
5. Instan
Upload
Fitur ini
adalah fitur upload foto yang dapat dikreasikan dengan menambahkan komentar
lucu pada foto. Ini merupakan fitur yang tepat untuk membuat orang meringis
saat melihat foto Anda.
6. Google
Plus Mobile
Banyak yang
bertanya-tanya kepada saya bagaimana dengan google plus mobile . Sebenarnya
sangat mudah, andahanya perlu menuju ke google plus seluler saja untuk browsing
ke google plus dengan versi mobile.
e)
BBM
BlackBerry adalah perangkat selular yang
memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet,
messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel
lainnya. BBM merupakan layanan pesan instan yang tidak jauh berbeda dengan
layanan pesan instan lainnya seperti Yahoo! Messenger, MSN, Google Talk, dll.
Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi
suatu kebutuhan untuk gaya-gayaan. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya
menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan
telepon genggam hingga mengejutkan dunia. Hanya saja, BBM hanya
diperuntukan bagi sesama pengguna ponsel BlackBerry.
Dan menurut saya, demamnya BB juga sedikit banyak disebabkan karena
menjamurnya jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Dengan
koneksi internet yang siaga 24 jam, pasti update status dan berkomunikasi via
internet jadi jauh lebih mudah. Apalagi dengan adanya pandangan masyarakat yang
memandang kalau "hanya bisa update status" dari gadget tertentu.
orang-orang macam ini yang kadang membuat saya berpikir, apakah mereka memang
perlu fasilitas“push e-mail” yang merupakan faktor keunggulan dari BB?
Sementara sampai saat ini, kebanyakan memang bukan karena kebutuhan,
tapi hanya karena gaya hidup atau tuntutan pekerjaan. Yang
sebenarnya mereka tidak tahu apa keunggullan dari BB itu sendiri. Rajin
banget dan secara teratur mengupdate status BBnya atau dari akun jejaring
sosialnya. Bahkan sepertinya mereka memiliki komunitas tersendiri.
Disini, didesa setengah kota BBM jauh lebih murah daripada SMS. Hal inilah yang
membuat demam Blackberry di tempat kerja saya. Berikut beberapa alasan yang
saya alami mengapa orang-orang di tempat kerja saya berpindah ke
Blackberry:
1.Karena BBM lebih murah dan cepat dari SMS. Selain
itu BBM dapat mengirim pula gambar-gambar dan foto-foto dengan cepat.
2.Karena punya BBM diwajibkan bagi orang-orang yang “dianggap penting”.
Padahal orang-orang yang “dianggap penting” itu belum tentu tahu apa fungsi
sebenarnya dari BBM
3.Karena rekan – rekan kerja yang lain sudah menggunakan Blackberry
(Mungkin dimaksudkan agar mereka dapat saling kirim-kiriman foto, atau
lebih sering berkomunikasi dengan murah)
4.Karena pengguna Blackberry tidak lagi menggunakan fasilitas SMS, maka
rekan kerja yang tidak menggunakan Blackberry mengalami kesulitan untuk
menghubungi para pengguna Blackberry. Maka merekapun ikut berpindah ke
Blackberry demi bisa tetap berkomunikasi. Fenomenanya,
dulu orang yang katanya tidak butuh hp (handphone) sekarang punya BB jadi tidak
bisa lepaskan BBnya. Orang itu akan rela balik arah walau pun sudah jauh dari
rumah hanya sekedar mangambil BB, padahal dulu HPnya sering mati. Ada lagi,
yang dulu bilangnya anti Facebook, sekarang jadi yang paling sering update
status dan membalas atau pun sekedar LIKE status teman facebook.
3.2.Manfaat Jejaring Sosial
Tidak
selamanya jejaring sosial itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat positif kok
jika kita menilai dan memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa manfaat positif Jejaring Sosial.
1. Mempelopori Gerakan Reformasi dan
Revolusi
Baca
Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter Mempermudah Revolusi dan
Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik dalam menyampaikan pendapat.
2. Menjadikan Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah
penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu memiliki
tingkat kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena mereka
itu sering mengupload foto-foto yang bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan
diri yang tinggi.
3. Mempermudah Komunikasi
Yang
namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi. Tapi
berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.
4. Mempermudah Menyampaikan Informasi
Kemungkinan
Masa Depan itu adalah Masa yang serba Online dan serba internet. Maka dari itu
untuk mempermudah menyampaikan informasi itu ya harus menyampaikannya dari
jejaring sosial, karena jejaring sosial itu memiliki trafik kunjungan yang
besar.
5. Bisa Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan
jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan uang. Misalnya, anda memiliki
Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus menguangkan
Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt akan
membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.
6. Bisa Mempelajari Bahasa Asing
Yang
namanya Jejaring Sosial itu umumnya bersifat internasional dan Bahasa
Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jejaring sosial itu
kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa asing.
7. Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya
kita itu memiliki hak dan kewajiban
untuk menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan dan
berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab. Misalnya, kita membagikan link
di akun twitter kita. Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan / hal
yang bermanfaat.
8. Menyelamatkan Kita dari Aksi Kriminal
Ada
sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang selamat dari aksi maling. Pada
saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan menahan salah satu anggota
keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang berbunyi “HELPPP!.” Dan banyak
temanya yang menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya dia menyakinkan temanya
bahwa itu serius. Lalu salah satu temannya menelepon 911 dan polisi langsung ke
TKP dan khirnya malin tersebut tertangkap karena maling tersebut belum sempat
kabur
9. Social
network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan.
Jika
kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan kegiatan-kegiatan
positif
maka penggunaan social network itu
sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya
yaitu dapat mempercepat atau membantu proses belajar- mengajar dengan cara forum diskusi formal dengan tutor.
10 Tips untuk
menggunakan jaringan sosial
Situs
web jaringan sosial seperti MySpace, Facebook, dan windows Live Spaces layanan
masyarakat yang dapat digunakan untuk terhubung dengan orang lain untuk berbagi
informasi seperti foto, video, dan pesan pribadi.
Sebagai
popularitas situs sosial ini tumbuh, demikian juga dengan resiko mereka. Hacker,
spammer, penulis virus, pencuri identitas dan tindakan criminal lainnya.
Tips-tips
untuk membantu melindungi diri sendiri ketika anda menggunakan jaringan sosial
:
1.
Gunakan hati-hati bila anda klik
link yang anda, terima dalam pesan dari teman-teman. Anda di situs web sosial. Memperlakukan link dalam
pesan di situs tersebut seperti yang ditampilkan adalam email.
2. Jangan percaya bahwa
psan-pesan itu benar dari yang mengatakan itu. Dari hacker dapat masuk ke
account dan mengirim pesan yang terlihat dari teman-teman anda. Jika anda
menduga bahwa pesan yang palsu, menggunakan metode alternatif untuk menghubungi
teman anda untuk cari tahu. Ini termasuk undangan untuk bergabung dengan
jaringan sosial baru.
3.
Untuk menghindari diri memberikan alamat email dari teman-teman anda, tidak
membolehkan layanan jaringan sosial untuk memindai email anda buku alamat. Bila
anda bergabung dengan jaringan sosial, anda mungkin menerima tawaran anda untuk
memasukkan email dan passwordnya untuk mengetahui siapa lagi yang ada
dijaringan. Situs ini dapat menggunakan informasi ini untuk mengirim email ke
setiap orang dalam daftar kontak anda atau bahkan semua aorang yang anda pernah
menerima pesan email ke dengan alamat email. Situs jaringan sosial harus menjelaskan bahwa
mereka sedang melakukan ha ini terjadi, tapi beberapa tidak.
4. Ketik alamat situs
jaringan sosial anda langsung ke dalam browser atau menggunakan penanda
probadi. Jika anda klik link ke situs anda melalui email atau situs web lain.
Anda mungkin akan memasukkan nama account dan password ke situs palsu dimana
informasi pribadi anda dapat dicuri.
5. Selektif tentang
siapa yang akan anda terima sebagai teman di jaringan sosial. Pencuri identitas
palsu mungkin membuat profit untuk mendapatkan informasi dari anda. Hal ini
dikenal sebagai social engineering.
6. Pilih jaringan sosial
dengan hati-hati. Mengevaluasi situs yang anda berencana untuk menggunakan dan
pastikan anda memahami kebijakan provasi. Mengetahui apakah situs memonitor
konten yang dikirim orang. Anda akan memberikan informasi pribadi ke situs web
ini, sehingga menggunakan kriteria yang sama yang akan anda untuk memilih situs
dimana anda memasukkan kartu kredit.
7. menganggap apa yang anda
tulis disitus jaringan sosial adalah permanen. Bahkan jika anda dapat menghapus
account, siapapun di internet dengan mudah dapat mencetak informasi atau
menyimpannya ke komputer.
8.
hati-hati tentang menginstal tambahan pada situs anda. Banyak situs
jaringan sosial memungkinkan anda untuk mendownload aplikasi pihak ketiga yang
memungkinkan anda berbuat lebih banyak dengan halaman pribadi anda. Kriminal
terkadang menggunakan aplikasi ini untuk mencuri informasi pribadi anda. Untuk
mendownload dan menggunakan aplikasi pihak ketiga aman, ambil tindakan yang
sama keselamatannya yang anda lakukan dengan program lain atau file yang anda
download dari web. Untuk informasi lebih lanjut, lihat sebelum anda mendownload
file, membantu melindungi komputer anda.
9. Berpikir dua
kali sebelum anda menggunakjan situs jaringan sosial di tempat kerja. Untuk
informasi ebih lanjut, lihat hati-hati dengan situs jaringan sosial, terutama
ditempat kerja.
10. Berbicara dengan
anak-anak tentang jaringan sosial. Jika anda adalah orang tua dari anak-anak
yang menggunakan situs jaringan sosial, lihat bagaimana anak-anak untuk
membantu anda menngunakan situs web sosial lebih lama.
Tanggapan Pribadi Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Ruang Lingkup Public Relations adalah:
Dalam Bidang Perindustrian & Perdagangan
Dengan
memahami dan memanfaatkan perkembangan e-pr perindustrian & perdegangan
akan mengalami kemajuan, terutama dalam promosi dan menaikkan citra perusahaan
dan barang yang dihasilkan. Cepatnya penyampaian informasi kepada publik
merupakan langkah positive dalam masalah waktu dan penyelesaian masalah.
Kecepatan informasi ini dapat membendung masalah yang mungkin akan menghadang
sehingga tidak sampai menjadi sebuah krisis. Data atau informasi yang
disampaikan juga lebih detail dan jelas karena dapat dilengkapi dengan berbagai
gambar dan video yang dapat menjelaskan. Perluasan pangsa pasar juga dapat
diperoleh dengan adanya e-pr karena jangkaunnya seluruh jagad raya. Kejelasan
informasi yang disampaikan oleh pelaku pr melalui media e-pr menjadikan
industri dan perdagangan dapat berjalan dengan lancar.
Dalam Bidang Pendidikan
Perkembangan
teknologi komunikasi mengalami dampak pada dunia pendidikan. Meski e-pr tidak
secara langsung mempengaruhi dunia pendidikan akan tetapi e-pr mendorong dunia
pendidikan mengenal dunia internet. Untuk saat ini tidak ada program pendidikan
umum yang menjadikan internet sebagai mata pelajaran. Beberapa sekolah
kejuruan, perguruan tinggi mengajarkan setiap setiap siswa dan mahasiswanyanya
untuk mendalami pemakainan internet yang berhubungan dengan e-pr. Hal ini
menjadi modal dasar bagi para pelajar setelah mereka lulus dalam praktek di
dunia kerja.
Dalam Bidang Politik
Public
relation diperlukan oleh setiap bidang, bahkan setiap insan menjadi PR untuk
dirinya sendiri, demikian juga halnya Politik. Tanpa jasa public relations
niscaya sebuah partai politik dapat berdiri. e-pr sangat diperlukan terutama
pada saat pemilu, ketika partai mengalami mesalah, pada kegiatan sehari-hari
partai politik dan lain sebagainya. Sebagai bukti nyata adalah Barak Obama, ia
terpilih menjadi presiden Amerika Serikat karena promosinya pada jejaring
sosial facebook. Hal tersebut adalah bagian kesuksesan dari humas atau publik
relations Obama yang menggunakan fasilitas internet untuk memdapatkan perhatian
dari masyarakat.
Politik adalah bidang yang membutuhkan perhatian dari publik, maka penggunaan e-pr sangatlah dibutuhkan . Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi melalui e-pr maka tujuan dari sebuah partai politik dapat dicapai lebih mudah.
Politik adalah bidang yang membutuhkan perhatian dari publik, maka penggunaan e-pr sangatlah dibutuhkan . Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi melalui e-pr maka tujuan dari sebuah partai politik dapat dicapai lebih mudah.
Dalam Bidang Ekonomi
Pertumbahan
perekonomian yang positif dalam sebuah perusahaan merupakan cita-cita dalam
setiap perusahaan. Seluruh devisi perusahaan memiliki kontribusi masing-masing
untuk menaikkan ekonomi perusahaan. Secara tidak langsung public relations juga
memiliki potensi tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi maka
pelaku pr dapat melaksanakan kegiatannya dengan tepat dan cepat. Informasi yang
disampaikan oleh pr melalui media e-pr dengan mudah dapat mengena dan merobah
opini masyarakat untuk setuju dan simpati dengan perusahaan dan produk yang
dihasilkan perusahaan, hal ini secara tidak langsung mempengaruhi jumlah
pembelian, jumlah pembelian yang meningkat ini menjadi faktor meningkatnya ekonomi
suatu perusahaan.
Dalam Bidang Sosial
Perkembangan
teknologi komunikasi dalam ruang lingkup public relations juga berpengaruh pada
bidang sosial. Public relations juga bertujuan untuk menyelenggarakan event.
Event kebanyakan bertujuan untuk sosial. Dengan e-pr para pelaku pr dapat
menjalankan kegiatan sosialnya dengan baik. Misalnya dalam iklan layanan
masyarakat, kegiatan sosial yang menggunakan teknik yang canggih, dan
penyebaran informasi yang bertujuan untuk kegiatan sosial tersebut dapat lebih
mudah.
3.3. Dampak Negatif Jejaring
Sosial
Teknologi
merupakan hal mubah (boleh) yang hukumnya akan menjadi halal jika dipergunakan
untuk hal-hal positif dan bermanfaat namun bisa pula menjadi haram ketika
teknologi tersebut dipergunakan sebagai media dalam melakukan tindakan yang
melanggar aturan Islam. Maka dari itu bagi para orang tua, guru dan para pendidik
generasi menjadi sangat urgen dalam memberikan pendidikan terhadap efek negatif
internet terutama situs jejaring sosial yang sedang membius jutaan bahkan
milyaran umat manusia. Jangan sampai generasi yang akan menjadi generasi
penerus khilafah di muka bumi ini justru menjadi generasi yang merugi karena
keengganan kita dalam mendidik mereka dan memberikan pemahaman tentang efek
negatif jejering sosial sehingga mereka terperosok dan menjadi korban kejahatan
dunia maya. Berikut dibawah ini beberapa ulasan singkat tentang efek negatif
jejaring sosial terutama situs Facebook dan Twitter bagi anak dan remaja.
1. Malas
Ini
efek negatif yang paling sering ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya
anak. Mereka menjadi malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik
dengan teman barunya di jejaring sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan
kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan oleh anak.
2. Egois
Situs
jejaring sosial akan membuat anak lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi
tidak sadar dan peduli dengan lingkungan sekitarnya karena waktu mereka
dihabiskan didepan internet. Hingga pada akhirnya mengakibatkan anak kurang
bahkan tidak berempati dengan lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya.
Kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh
kesenangannya terhadap teman-temannya di situs jejaring sosial.
3. Merusak Tata Bahasa
Situs
jejaring sosial tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi anak dalam
melakukan interaksi dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata
bahasa baku untuk digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka
berkomunikasi semau mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli
dengan tata bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti
membunuh kemampuan komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya
dalam berinteraksi didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis
mereka yang sesuai dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.
4. Makanan Predator
Situs
jejaring sosial ibarat lahan subur bagi para predator internet dalam melakukan
kejahatan. Kita tidak pernah tahu apakah teman yang mereka temukan adalah
benar-benar orang yang berniat baik untuk berteman, dan kita pun tidak pernah
tahu apakah teman tersebut memberikan identitas yang sesungguhnya seperti
keadaannya didunia nyata. Ketika seorang anak mempercayai 100% temannya di
situs jejaring sosial maka hal ini sangat mungkin membahayakan keadaan anak
dari tindak kejahatan baik fisik maupun psikis.
Maka
dari itu, bagi para guru, orang tua dan para pendidik generasi, efek negatif
situs jejaring sosial haruslah disampaikan kepada anak. Ini berarti pula bahwa
para guru, orang tua, dan pendidik haruslah tahu pula apa, siapa dan bagaiamana
situs jejaring sosial yang sering dikunjungi anak-anaknya. Bentengilah generasi
kita dengan ilmu pengetahuan dan ilmu Islam yang kaffah, agar mereka bisa
membentengi diri sendiri disaat mereka terlepas dari pengawasan para orang tua
dan gurunya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah
:
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan
lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola
masyarakat dalam berinteraksi.
Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan
juga ikut berkembang).
Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan
dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
Dampak
Positif Jejaring Sosial
1. Anak dan remaja dapat belajar
mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman
digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara
beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.
2. Memperluas jaringan pertemanan, anak
dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh
dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara
langsung.
3. Anak dan remaja akan termotivasi
untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara
online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama
lain.
4. Situs jejaring social membuat anak
dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi
perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan
status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu
secara fisik.
5. Internet sebagai media komunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
6. Media pertukaran data : dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
7. Media untuk mencari informasi atau
data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat.
8. Kemudahan memperoleh informasi :
kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu
manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga
bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain.
9. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada
pokok pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari pembahasan makalah.
1. Jejaring sosial adalah wadah dimana kita
dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda tempat, meskipun kita berada pada
tempat yang berjark sangat jauh sekalipun.
2. Jejaring sosial ada beberapa jenis dan
keunggulannya masing-masing. Tinggal user ingin memilih yang mana. Yang lebih
bermanfaat bagi user.
3. Jejaring sosial ada dampak positif dan
dampak negatifnya. Tergantung user bagaimana memanfaatkan jejaring sosial itu
sendiri.
B.
Saran
Berbahaya
atau tidaknya situs jejaring sosial itu tergantung pada bagaimana kita
mewaspadai hal - hal yang tidak diinginkan itu agar tidak terjadi. Oleh karena
itu, sebaiknya para orang tua lebih mengawasi anak - anaknya ketika mereka
sudah mulai berjejaring lewat dunia maya, peran pemerintah dan lembaga
pendidikan juga penting disini, yakni memberikan penyuluhan tentang bahaya
berjejaring di dunia maya. Dengan begitu mereka secara perlahan akan mengerti dan
bisa bertindak waspada ketika mereka sedang bermain atau berjejaring di dunia
maya dan secara tidak langsung tindakan tersebut dapat mengurangi kasus - kasus
yang ada akibat situs jejaring sosial.
DAFTAR PUSTAKA
Nawawi,
Ridwan. 2008. Analisis Dan Perancangan
Aplikasi Jejaring Sosial Penjualan Berbasis Web.
Manfaat Social
Network Yang Sebenarnya Write everything.htm
http://agvnk-0n3.blogspot.com/2012/06/google.html
Nice blog Post !
ReplyDeleteVery nice article, I enjoyed reading your post, very nice share, I want to twit this to my followers. Thanks!. smm reseller panel
ReplyDelete