Pages

Friday, March 22, 2013

Tips Merawat Baterai Laptop




Hallo semua sahabat maya?????????????????
ada tidak yang baterai laptopnya yang sudah ngedrop alias bru dinyalain 15 menit sudah mati??? hehehehe
sama kyak baterai saya,,,,,
klo ada yg belum baterainya ngedrop, harus rajin-rajin untuk merawat baterainya agar tidak ngedrop,,,
di sini saya akn memberikan tips biar baterainya tidak gampang ngedrop alias rusakk,,,
jngan sperti baterai saya yang sudah 5 menit mati,,,
jadi saya akn mengingatkan kepada yang masih bagus-bagus baterainya , saya hanya contoh orang yang agak ceroboh,,,
semoga dengan tips-tips berikut sahabat0sahabat semua menjadi lebih berhati-hati dan sayang kepada laptop dan bateranya,,,




Tips Merawat Baterai Laptop

1. Jangan biarkan baterai sampai kosong

Charge baterai secara rutin dan teratur tanpa harus menunggu baterai sampai habis. Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Jika dilakukan sekali atau dua kali tidak masalah, baterai tidak akan langsung rusak. Namun efek kumulatifnya yang akan memperpendek umur baterai.

 Sebelum baterai habis dan laptop mati, segera charge baterai tersebut sampai penuh. Kabar baiknya, laptop-laptop masa kini umumnya sudah dirancang untuk mati sebelum baterai kosong. Windows Vista dan Windows 7 juga punya settingan untuk ini, yaitu di bagian Power Options.

2. Hindari suhu ekstrem

 Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat digunakan. Jangan pernah menaruh laptop di atas bantal, apalagi jika ventilasi laptop berada di bawah. Selalu jaga suhu baterai agar tidak terlalu panas. Usahakan menggunakan coolpad agar sirkulasi udara tetap lancer.
 Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer. Ikuti petunjuknya dan pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum dibersihkan. Jangan pula membiarkan laptop terpapar sinar matahari langsung.

3. Istirahatkan baterai

 Jika ingin memakai laptop dalam waktu lama dengan listrik, sebaiknya lepaskan baterai. Jika tidak, Anda akan bolak balik mengisi baterai dan ini akan membuat baterai lebih cepat rusak.

 Sebelum melepas baterai, usahakan baterai sudah terisi penuh (atau setidaknya tidak kosong). Simpanlah baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering. Jangan pula membiarkan baterai Anda mengganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali pakailah baterai tersebut agar ia tidak kehilangan kapasitasnya.

 Selain itu, jangan melepaskan baterai saat komputer sedang menyala (meski dalam mode standby atau sleep mode). Karena cara itu dapat membuat sistem di laptop menjadi crash dan merusak hardware. Jadi cabut/pasanglah baterai ketika laptop sudah benar-benar dalam keaadan mati atau hibernate.

4. Redupkan layar

 Perlu diketahui bahwa semakin terang layar Anda, maka akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Atur brightness layar laptop Anda ke posisi yang lebih redup, setidaknya asalkan Anda tetap nyaman melihatnya.

5. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak digunakan

 Matikan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak digunakan karena perangkat ini banyak mengkonsumsi daya. Matikan pula sound system laptop jika tidak dipakai, selain menghemat listrik, juga agar tidak mengganggu orang lain yang berada di sekitar Anda. Serta cabut perangkat lainnya yang tidak dibutuhkan seperti flashdisk.

 6. Hindari kerja multitasking

 Usahakan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan baterai. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan/dibuka maka akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi.

7. Hindari aktivitas multimedia

 Hindari mendengarkan musik atau menonton video lewat DVD karena aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya baterai. Jika mau mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau salin video yang ingin ditonton ke dalam hardisk terlebih dahulu baru ditonton. (PC World/internetsehat/DOR)

8. Perhatikan Aturan Charge

Pemakaian laptop yang diluar batas kemampuan baterai. Mencopot cas saat kondisi baterai penuh, dan segera menyecasnya saat muncul warning low bat. Mengeces sebelum ada warning low bat, menyebabkan kemampuan os dalam mendetect kondisi baterai tidak akan 100persen lagi. akibatnya sebelum baterai benar2 full, os sudah mendetect full, padahal dalam keadaan realynya baterai masih 80%. Hindari overcharging yang bisa membuat baterai tidak tahan lama saat digunakan.


Rambu-rambu:
1.     Jika baterai masih baru ataupun penggunaan pertama kali usahakan isi/charge baterai secara normal dan penuh.

2.     Hindari overcharging yang bisa membuat baterai tidak tahan lama saat digunakan.

3.     Charge baterai secara rutin dan teratur tanpa harus menunggu baterai sampai habis

4.     Selalu jaga suhu baterai agar tidak terlalu panas

5.     Usahakan menggunakan coolpad agar sirkulasi udara tetap lancar

6.     Hindari penggunaan lama dan jika memungkinkan lepas baterai bila penggunaan lebih dari 6 jam

7.     Jika tidak digunakan simpanlah baterai di tempat yang sejuk

8.     Gunakan software pembantu untuk kinerja baterai laptop atau notebook anda, seperti Battery Care, HP Battery Checker, Baterry Optimizer, dll

9.     Jangan simpan laptop di atas kasur/ karpet/ sofa. Laptop butuh sirkulasi udara karena dia mengeluarkan panas. Kalau kita simpan di kasur, panasnya tidak akan keluar.

10.                        Gunakan cooling pad. Cooling pad bisa membantu meredam suhu laptop yang panas. Laptop dan baterai jadi tidak panas. Usahakan cari yang arah anginnya meniup dari bawah ke atas.. jangan arah anginnya ke bawah / menghisap udara.

11.                        Laptop zaman sekarang sudah canggih. Jadi, kalau misalnya lagi dicharge terus sampai penuh, dia bakal memutus arus dengan sendirinya. Jadi tidak perlu dicabut adaptornya.

12.                        kalau laptop ga dipakai dalam waktu lama (misalnya seminggu) baterai laptop sebaiknya disimpan saja. Simpan di dalam plastik kering, terus simpan di tempat yang sejuk. kalau bisa simpan pula beberapa silica gel untuk mencegah kelembaban.

13.                        Jangan simpan laptop atau baterai laptop di dalam mobil yang terkena sinar matahari. Ini dapat mempengaruhi kinerja laptop.

14.                        Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptopsampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.

15.                        Baterai atau laptop jangan sampai terbentur apalagi terjatuh. Jangan juga disimpan/ditindih benda berat, karena akan rentan terhadap arus pendek/korslet sehingga menyebabkan overheating.

16.                        Jangan sampai kena air. Tahu sendiri akibatnya. Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik si baterai itu sendiri.

17.                        Selalu pakai baterai dan charger original. Tentu yang original lebih terjamin kualitasnya?

18.                        kalau lagi pakai laptop tanpa baterai, usahakan tegangan listrik di rumah kita stabil. Caranya adalah dengan pakai stabilizer. kalau tidak ada stabilizer, sebaiknya baterai dipasang aja. Harga baterai tidak sebanding dengan kerusakan laptop! lebih baik lagi pakai UPS… jadi saat tiba-tiba listrik mati, laptop masih hidup dan kita masih sempat shutdown.. 

19.                        kalau laptop sering di on-offkan , sebaiknya tidak usah dimatikan lebih baik tapi di mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.

20.         Gunakan power management pada control panel. Set brightness di bawah 50%, jangan pakai screen saver aneh-aneh, pakai blank karena paling irit power, set waktunya juga agar tidak telalu lama. Set juga power jadi max battery.

No comments:

Post a Comment